Penyebab UBL NO pada Smartphone Sony Xperia dan Cara Mengatasi nya

Kali ini xperiaedge akan memberikan solusi bagaimana cara mengubah UBL NO menjadi UBL YES
Akhir-akhir ini, banyak sekali kami temukan permasalahan UBL NO pada Xperia. Xperia UBL NO tidak bisa root. Apakah benar? Belum sepenuhnya benar pernyataan tersebut. Karena Xperia keluaran 2014 ke bawah bisa di root tanpa UBL akan tetapi tidak bisa mengoprek kernel.

Mari kita bahas dulu mengapa UBL Xperia ada yang NO dan ada yang YES. Rata-rata Xperia yang mendapatkan UBL NO merupakan xperia Japan Set yaitu DOCOMO, AU, dan SoftBank atau yang telah di set operator lain seperti Japan Set juga. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan Xperia Japan Set mendapatkan UBL YES, seperti Xperia XZ AU dan Xperia X Compact Docomo yang kami miliki mendapatkan UBL YES.


Baca juga :

Penyebab UBL NO pada Smartphone Sony Xperia dan Cara Mengatasi nya

1. Fitur "My Xperia" aktif di pengaturan keamanan. Penyebab yang paling mudah di ketahui adalah yang satu ini. Sedikit cerita, tahun lalu teman kami membeli Sony Xperia Z4 Softbank bekas. Pada saat pertama kali mengecek bootloader nya, ia sangat senang mendapatkan Xperia UBL YES. Lalu ia mereset xperia nya, ketika Xperia sudah menyala ia melakukan serangkaian setup. Keesokan harinya ia ingin mendapatkan akses root pada Xperia nya. Tentunya ia harus meng-unlock bootloader terlebih dahulu. Ia mengecek lagi UBL nya ternyata UBL sudah menjadi NO. Akhirnya, kami menyelidiki mengapa hal ini bisa terjadi. Singkatnya, permasalahan tersebut terjadi pada saat mengikuti Setup yang pasti akan muncul setiap kali mereset Xperia. Dalam mengikuti setup tersebut ada opsi untuk mengaktifkan fitur "My Xperia" teman kami yang tadi mengaktifkan fitur tersebut. Ya memang My Xperia sangat berguna sekali untuk mengamankan perangkat xperia dari tangan-tangan usil seperti pencuri dan juga dapat melacak Xperia jika hilang.
Inilah yang menyebabkan Status Bootloader pada Xperia menjadi NO. Solusinya, silahkan matikan terlebih dahulu fitur My Xperia di Pengaturan>Keamanan>My Xperia.

2. Bootloader Xperia di kunci oleh bundler nya. Bundler disini merupakan operator yang membundling kartu SIM nya pada Xperia. Misal, Xperia X Compact Docomo hanya bisa menggunakan kartu SIM Docomo tidak bisa menggunakan Kartu SIM Operator lain kecuali di Unlock SIM. Jadi, Operator Docomo Mengunci SIM Xperia agar tidak bisa menggunakan SIM lain. Nah, mengapa Docomo mengunci bootloader nya juga? JIka bootloader tidak di kunci, berarti bootloader bisa di unlock, dengan unlock bootloader, Xperia bisa di oprek dan akhirnya Pengunci SIM bisa di jebol. Hal ini akan memnyebabkan kerugian bagi perusahaan Docomo sendiri. Pastinya Docomo menyadari ini, oleh karena itu, mereka mengunci bootloader sekalian.
Maka akan muncul pertanyaan dari sobat lagi. Mengapa Xperia yang saya pakai sekarang UBL NO tapi bisa menggunakan operator Indonseia? Hmm,,, izinkan kami menjawab.

Ada dua cara untuk mengunlock SIM pada Xperia. Yang pertama ialah secara OFFICIAL. Unlock SIM secara OFFICIAL berarti Unlock SIM di lakukan oleh Pihak Operator atau Bundler yang bersangkutan. Jika menggunakan metode ini maka sobat akan mendapatkan Xperia bisa di gunakan kartu semua operator dan status UBL YES. Untuk menggunakan metode ini sobat harus mengocek uang sekitar 400rb rupiah. Untuk menggunakan metode ini sobat bisa mengikutu prosedur dari situs resmi provider tersebut. Mari kita lanjutkan dengan cara yang kedua yaitu Unlock SIM dengan Metode UNOFFICIAL yaitu Unlock SIM yang dilakukan oleh pihak ketiga atau jasa Unlock SIM Smartphone. Orang-orang banyak menggunakan metode ini karena biaya nya cenderung lebih murah dan mungkin jika ada tool nya dapat dilakukan sendiri. Ya tetap ada resiko yaitu status UBL tetap NO. Karena yang bisa mengubah status UBL hanya pihak bundler yang telah bekerja sama dengan SONY. Resiko lainnya dari teman-teman banyak yang kehilangan sinyal setelah mereset Xperia nya menggunakan metode ini. Tetapi ini tergantung si tukan unlock nya juga, jika dia sudah pro maka tidak akan kehilangan sinyal ketika melakukan reset pada Xperia.

Untuk Solusi yang kedua ini cukup berat namun kami simpelkan yaitu silahkan jual terlebih dahulu Xperia yang dimiliki lalu beli yang global atau yang UBL yes. Karena, jika menggunakan prosedur resmi akan lebih banyak memakan biaya melebihi harga Xperia Global.

Sekian saja penjelasan tentang UBL Xperia, jika teman-teman punya opini atau saran-saran lainnya silahkan berkomentar pada kolom komentar yang xperiaedge sediakan dibawah.