Tutorial Flash Upgrade Downgrade Sony Xperia XA1 G3121 G3112 G3123 G3125 G3116 Single dan Dual Sim

Tutorial ini sudah tested disertai bahan-bahan persiapan dan gambar sebagai ilustrasi sehingga mudah diterapkan bahkan untuk pemula sekalipun.

Xperia XA1 merupakan sebuah ponsel yang dirilis oleh Sony pada tahun 2017. Smartphone kelas menengah yang ditenagai chipset mediatek Helio P20 ini berhasil meraih muka para pengguna smartphone. Smartphone dengan desain layar lengkung ala-ala edge yang dipadukan dengan tampilan minimalis yang kompak kotak khas Xperia, membuatnya semakin nyaman dipandang mata serta cocok untuk pengguna yang bosan dengan desain yang tidak inovatif.

Sama seperti smartphone lainnya, Xperia XA1 juga merupakan perangkat elektronik yang dapat mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang biasa terjadi ialah kerusakan pada perangkat lunak atau software. Kerusakan pada software inipun bisa beragam. Mulai kerusakan kecil yang dapat ditangani dengan mudah hingga rusaknya sistem pada softwareyang membuatnya tidak dapat digunakan sama sekali. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya sebuah smarphone akan diprogram ulang atau istilah para teknisi biasa disebut flashing.

Flashing merupakan salah satu usaha untuk memprogram kembali smartphone. Flashing biasanya dilakukan apabila sebuah smartphone mengalami softbrick, hardbrick, upgrade downgrade software, mereset smarphone, dll. Flashing dengan software juga merupakan salah satu cara yang paling aman digunakan ketimbang melakukan flashing pada hardware langsung. Hal ini dikarenakan minimnya resiko yang dimana apabila flasing langsung pada hardware dapat menyebabkan komponen hardware yang lain akan kena imbasnya dan hal ini biasanya dilakukan oleh para profesional. Bagi kita yang cari aman atau pemula mari kita melakukan flashing menggunakan metode software saja. 

Selain memperbaiki kerusakan, flashing juga dilakukan untuk mengupgrade dan downgrade software. Hal ini mungkin lebih dipahami oleh para opreker xperia. Misal sekarang berada di versi android oreo dan tidak bisa upgrade ke android pie karena region tidak menyediakan atau mungkin ada kebutuhan khusus dalam menginstal aplikasi atau custom rom, maka flashing menjadi solusi. 

Sebagaiman judul dan kata pengantar diatas, pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan tutorial flashing Sony Xperia XA1 single dan Xperia XA1 Dual Sim. Tutorial yang kami tulis merupakan tutorial yang sudah berhasil di terapkan. Jadi, tutorial ini akan berhasil diterapkan apabila diterapkan sesuai instruksi yang kami berikan di bawah ini.

Pra-flash Upgrade Downgrade Sony Xperia XA1 Single dan Dual SIM G3121 G3112 G3123 G3125 G3116

Siapkan peralatan dan download bahan-bahan dibawah ini.

1. Siapkan PC dengan sistem operasi Windows atau Linux. Pastikan juga PC mempunyai koneksi internet untuk mendownload bahan dan singkronisasi flashtool. Jika teman-teman tidak punya PC, silahkan berkunjung ke warnet tercinta.  

2. Siapkan kabel USB. USB bawaan dari box lebih direkomendasikan.

3. Download dan instal Sony Flashtool versi 0.9.23 beserta drivernya. Download flashtool disini. Jika teman-teman bingung cara instal flashtool beserta drivernya bisa cek postingan lama disini. Sebaiknya instal juga driver manual Xperia untuk jaga-jaga jika driver flashtool bawaan tidak terinstal dengan baik. Cek postingan sebelumnya Tutorial Menginstal Driver Manual Flashtool Xperia

4. Download salah satu firmware dibawah ini, pastikan sesuai dengan tipe Xperia XA1 nya.

G3121 (android 7.0)

G3112 (android 7.0, Dual SIM)

G3123 (android 7.0)

G3125 (android 7.0)

G3116 (android 7.0, Dual SIM)

5. Jika ingin mendownload firmware yang lain. Teman-teman bisa download Xperifirm. Xperifirm dan tutorialnya saya sertakan pada postingan sebelumnya Tutorial Download Firmware FTF di Xperifirm serta Cara Buat atau Bundiling FTF nya

6. Pastikan baterai Xperia lebih dari 50%, Jika memang baterainya drop, 80% ke atas lebih bagus.

NB :
 
Download semua file di atas di PC bukan di Smartphone.

Beberapa link download menggunakan shortlink, jadi teman-teman harus melewati iklan agar bisa mendownload file

Sangat disarankan untuk mencadangkan data-data penting kalau smartphone nya tidak bootloop. Karena Flashing akan menghapus semua data-data pada smartphone baik data itu penting atau tidak.

Firmware yang sudah berhasil di download dipindahkan ke folder default penyimpanan firmware flashtool. biasanya berada pada drive C:\Users\nama_PC_anda\.flashTool\firmwares

JIka semua hal diatas sudah disiapkan, mari kita lanjutkan ke tahap eksekusi.

Tutorial flash Upgrade Downgrade Sony Xperia XA1 Single dan Dual SIM F3111 F3112 F3113 F3115 F3116

1. Buka flashtool. Pada saat pertama kali membuka flashtool, flashtool akan mensingkronisasi data-data yang diperlukan untuk flashing Xperia dengan server. Pastikan koneksi internet aktif. Paket data yang diperlukan untuk mendownload data kurang lebih 100mb. Lama atau tidaknya singkronisasi tergantung pada koneksi internet. Singkronisasi ini hanya dilakukan untuk pertama kali membuka flashtool, jadi jika teman-teman mau flash Xperia yang lain kedepannya tidak perlu singkron lagi.


2. Setelah flashtool terbuka Klik logo petir pada sudut kiri atas. Lalu pilih flashmode.


3. Pilih firmware yang telah di download tadi. Jika firmware tidak muncul di kolom firmware, pastikan firmware telah dipindah ke folder "C:\Users\nama_PC_anda\.flashTool\firmwares". Jika masih belum muncul, biasanya hal itu terjadi karena pada saat buka flashtool pertama kali, PC tidak terkoneksi ke internet, jadinya flashtool tidak akan melakukan singkronisasi. 

4. Setelah firmware dipilih, Jika teman-teman ingin menghapus data, pastikan opsi USERDATA pada kotak wipe dicentang. Lalu klik flash.

5. Flahtool menyiapkan firmware untuk di flash. Setelah selesai menyiapkan, maka muncul jendela perintah untuk menghubungkan Xperia ke flashtool. Pastikan xperia dalam keadaan mati. Lalu tahan volume bawah sambil menghubungkan Xperia ke PC menggunakan USB. 

6. Jika driver sudah terinstal dengan benar, seharusnya tidak ada masalah. Flashing akan berjalan secara otomatis. Jika tidak berjalan coba ulangi lagi. Tuunggu saja! Flashing berhasil ditandai adanya log "flash finished" pada log flashtool. Jika sudah ada, berarti teman-teman telah berhasil flash Xperia.

Demikianlah tuturial Flash Sony Xperia XA, Jika ada link yang mati silahkan laporkan. Jika teman-teman memiliki kendala atau pertanyaan terkait tutorial diatas. Mari kita berdiskusi di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.