Tutorial Flash Upgrade Downgrade Instal Ulang Sony Xperia XZ1 Compact G8441 dan XZ1 Compact Docomo SO-02K android Pie

Tutorial Flash XZ1 Compact G8441 dan Versi Docomo SO-02K dilengkapi dengan bahan serta panduan yang jelas sehingga dapat dengan mudah dipahami pemula

Sony Xperia XZ1 Compact merupakan salah satu smartphone yang di produksi Sony pada tahun 2017 lalu. Seiring berjalannya waktu, tentunya kita ketahui bersama yang namanya barang elektronik itu tentu akan mengalami kerusakan. Tidak terkecuali pada smartphone mungil ini. Salah satu kerusakan yang kerap dialami banyak pengguna adalah rusaknya system pada software. Salah satu cara untuk mengobatinya adalah dengan melakukan flashing pada software Xperia tersebut.

Flashing merupakan salah satu upaya untuk memulihkan sistem yang rusak atau upaya untuk memprogram ulang, upgrade, downgrade, instal ulang sistem. Metode flashing yang sering digunakan adalah metode flashing menggunakan software, Metode ini sering diterpkan karena mudah dalam prosesnya dan tidak membuat dompet menipis. 

Pada smartphone Sony, biasanya flashing dilakukan dengan menggunakan software yang bernama flashtool. Namun kali ini berbeda, disini kita kan flash Xperia XZ1 Compact dengan sistem operasi android versi pie atau android 9. Pada saat artikel ini dibuat Sony flashtool yang dikembangkan oleh androxyde belum mendukung flashing android 9. Jadi, disini kita akan menggunakan software yang bernama new flasher untuk flash Sony Xperia XZ1 Compact ini.


Tutorial ini dapat diterapkan untuk Xperia XZ1 Compact Global dengan kode G8441 dan Xperia XZ1 Compact Docomo dengan kode SO-02K. Selain kedua seri tersebut kami belum pernah mencoba.

Pra-flash Sony Xperia XZ1 Compact dengan New Flasher

1. Siapkan PC dengan sistem operasi Windows atau Linux, kabel USB Type C, dan Xperia XZ1 Compact dengan daya baterai diatas 50%. Jika baterai sudah drop disarankan diatas 80%
2. Download flashtool disini. Mengapa disini kita perlu instal flashtool lagi? kita tidak butuh flashtool nya, melainkan driver flashmode dan fastboot yang terdapat di dalam flashtool yang kita butuhkan. Tutorial instalasi flashtool beserta driver teman-teman bisa cek disini.
3. Download New Flasher disini. Setelah di download langsung ekstrak new flasher di satu folder.
4. Download dan instal driver Xperia XZ1 Compact disini. Tapi perlu di ketahui, driver ini harus di instal secara manual. Tutorial nya teman-teman bisa cek disini
5. Download firmware Xperia XZ1 Compact G8441_47.2.A.11.228_DE dan untuk XZ1 Compact Docomo SO-02K_47.2.B.5.11. Jika teman-teman ingin memilih firmware yang lain, teman-teman bisa download xperifirm. Download  Xperifirm disini. Xperifirm adalah software untuk mendownload firmware mentahan Xperia atau firmware yang belum di kompres menjadi ftf. Setelah di download langsung di instal, lalu download firmware XZ1 Compact G8441 di Xperifirm, jika tidak tahu cara download di Xperifirm teman-teman bisa cek disini. Ingat! hanya perlu download saja, tidak perlu di bundling menjadi ftf.
6. Koneksi internet. Do'a jangan lupa. Gorengan dan kopi bila perlu.

Perlu dicatat, biasanya teman-teman "pemula" banyak yang gagal flash karena Xperia tidak terdeteksi di PC. Hal ini disebabkan karena driver belum terinstal dengan benar. Biasanya juga driver akan sulit diinstal pada windows 8 dan windows 10. Jika teman-teman mengalami kesulitan dalam menginstal driver, teman-teman bisa mencoba disable signature enforcement. Caranya teman-teman bisa lihat di postingan instal flashtool pada langkah kedua diatas.

Tutorial Flash Xperia XZ1 Compact dengan New Flasher.

1. Ubah nama ekstensi file firmware yang telah di download dari "ftf" menjadi "zip". Kemudian eksraklah ke satu folder. Jika download pakai Xperifirm, abaikan step ini.
2. Hapus semua file dengan ekstensi TA yang berada di dalam folder firmware.


3. Jika file TA sudah di hapus, pindahkan semua isi firmware ke folder New Flasher yang telah di ekstrak tadi. Ingat semua isi firmware, bukan folder firmware. Setelah dipindahkan maka tampilan folder kurang lebih seperti gambar dibawah ini. 


4.  Matikan Xperia XZ1 Compact. Kemudian hubungkan Xperia ke PC dengan USB sambil menahan volume bawah. Jika sudah terhubung, LED hijau akan menyala pada Xperia.
5. Buka folder new flasher. Lalu jalankan software new flasher.
6. Jendela Command Promt (CMD) akan terbuka. Ketik perintah "n" lalu enter. Ketik lagi "n" lalu enter lagi. Flashing Xperia akan berjalan secara otomatis. Tunggu saja kurang lebih akan memakan waktu 10 menit.




Jika sudah sampai ke baris "end; disconnect your device" berarti Xperia sudah berhasil di flash. Lepas kabel USB lalu nyalakan Xperia. Booting pertama memang memakan waktu yang cukup lama, jadi sabar saja.
Sampai sini, kita sudah berhasil flash Sony Xperia XZ1 Compact sistem operasi android Pie.
Jika teman-teman memiliki kendala dalam proses flashing bisa sampaikan di komentar dan jika ada link yang mati bisa laporkan dikomentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.