Tutorial Flash Instal Ulang Sony Xperia X Compact F5321 Mudah dan Lengkap

Tutorial ini dijelaskan dengan sejelas-jelasnya, dilengkapi dengan ilustrasi dan firmware sehingga dapat dengan mudah diterapkan.

Smartphone dengan brand Sony merupakan salah satu smartphone yang banyak sekali diminati di dunia. Walaupun pada saat tulisan ini dibuat penjualan smartphone sony Xperia ini menurun, namun tetap masih banyak pengguna yang menggunakannya sebagai smartphone utama mereka. Smartphone ini banyak diminati karena build quality dan desainnya yang bagus. Hampir semua smartphone Xperia memiliki sertifikasi IP67 atau IP68 yang menandakan bahwa smartphone Xperia memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Desain yang dibawakannya pun sangat memikat. Disaat semua smartphone mulai mengadopsi desain smartphone berponi ala-ala iphone, Xperia masih setia dengan desain yang boxy yang menjadi ciri khasnya. Selain itu, Xperia juga memiliki ketahanan software yang bagus. Hal ini terbukti dimana smartphone ini jarang sekali mengalami kerusakan pada sistem nya. Kecuali memang ada beberapa tipe jadul yang cacat pabrik. Oleh karena itulah smartphone Sony Xperia masih layak mendapatkan dihati masyarakat.

Salah satu smartphone Xperia yang banyak diminati adalah Sony Xperia X Compact. Smartphone ini memiliki desain yang terbilang unik, beda dengan smartphone brand sebelah. Desain yang kotak dan berwarna soft merupakan ciri khas tersendiri untuk smartphone ini. smartphone yang dirilis pada tahun 2016 ini bertenaga snapdragon snapdragon 650 ditemani ram 3gb dan penyimpanan internal 32gb. Dengan spesifikasi tersebut, seharusnya smartphone ini sudah cukup untuk memenenuhi kebutuhan sosial, media, dan game menengah kebawah. Satu-satunya hal yang mungkin sangat disayangkan adalah daya tahan baterainya yang hanya 2700mAh. Dengan kapasitas baterai yang seperti itu, smarphone ini tidak akan bertahan lama apabila diajak untuk bekerja berat. Kabar baiknya, smartphone ini masih mampu bertahan seharian apabila dipakai untuk sekedar kebuhan sosial media saja. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, smarphone Sony memiliki ketahanan software yang bagus, tak terkecuali X Compact. Jarang sekali terjadi bootloop ataupun matot karena software kecuali sudah pernah di oprek. Walaupun demikian terkadang hal buruk bisa saja terjadi. Khususnya kepada pengguna Xperia yang suka oprak-oprek smartphone, bootloop dan matot bisa terjadi akibat kelahan pada software. Tentunya hal itu sangat mengganggu. Mengingat kita setiap hari menggunakan smartphone. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan sebuah upaya yang disebut flashing. Singkatnya, flashing merupakan sebuah upaya ataupun usaha yang dilakukan untuk memprogram ulang software pada perangkat elektronik atau istilah pasarnya instal ulang. Flashing bisa dilakukan melalui metode hardware dan software. Pada kasus smartphone, flashing hardware biasanya membutuhkan sebuah perangkat tambahan yang biasa disebut box flasher. Flashing metode hardware ini biasanya langsung menghubungkan box, komputer, dan emmc smartphone. Jadi, flashing hardware ini biasanya digunakan untuk flash emmc smartphone yang biasanya programnya sudah tidak dapat disembuhkan lagi dengan metode software. Dari ulasan singkat tersebut dapat kita ketahui flashing metode hardware ini dilakukan oleh tenaga profesional dan tentunya memakan biaya yang tidak sedikit. Flashing menggunakan metode software tidak membutuhkan box dan alat aneh-aneh lainnya. kita hanya membutuhkan PC dan USB yang masih berfungsi dengan baik. Metode flashing software sangat mudah untuk diterapkan. Bahkan banyak smartphone yang memiliki metode flashing yang sama.

Pada postingan ini, Xperiaedge akan membagikan tutorial bagaiman cara Flash Sony Xperia X Compact F5321. Tutorial ini dilengkapi dengan bahan dan ilustrasi, sehingga dapat dengan mudah diterapkan oleh pemula sekalipun.

Pra-flash Sony Xperia X Compact F5321

Siapkan perlatan dan file-file yang diperlukan dibawah ini.

1. Siapkan PC dengan sistem operasi Windows atau Linux. Pastikan juga PC memiliki koneksi internet. Jika tidak punya PC, teman-teman bisa singgah dulu ke warnet kesayangan teman-teman.

2. Siapkan kabel USB. Kabel USB yang berasal dari dalam box hp nya lebih direkomendasikan. Jika sudah rusak atau tidak ada, bisa gunakan yang ada-ada saja. Tapi pastikan masih bagus dan dapat mengirim data.

3. Download dan instal Sony flashtool beserta drivernya. Disini kami bagikan dua versi. versi 0.9.23 untuk flashing dengan OS android marshmallow dan nougat. Kemudian versi 0.9.25 untuk flashing OS android oreo.

Download flashtool versi 0.9.23 disini

Download flashtool versi 0.9.25 disini

Jika teman-teman belum tahu cara menginstal flashtool beserta drivernya. Teman-teman bisa cek postingan Tutorial Instal Flashtool dan Drivernya. 

4. Instal juga driver Xperia X Compact. Driver ini harus diinstal secara manual. Sebenarnya driver ini tidak wajib. Tetapi kadang-kadang flashtool sulit untuk mendeteksi perangkat Sony Xperia yang dirilis tahun 2016 keatas. Download Driver Xperia X Compact disini. Tutorial instalasi teman teman bisa cek Tutorial Instal Driver Manual Xperia

5. Download salah satu firmware Xperia X Compact dibawah ini. 

Xperia X Compact_F5321_34.4.A.2.118_Russia_Generic (Android oreo 8.0) Decryption key: !FIlVhpm0GjDGXrsyYpJ4hFwKQhgbmSijdR9FML9B6QA

Xperia X Compact_F5321_34.3.A.0.252_Latin America_Generic (Android Nougat 7.1.1) Decryption key: !UP1TbJZXcX49jniN_HOWABERSVOxCNFJ1MeAgemnZ4k

Xperia X Compact_F5321_34.2.A.2.69_Singapore_Generic (Android Nougat 7.0) Decryption Key: !S8sbgFjXABvLcsgWSPnfPISn5E9gLdvyYh8-aHZ-5Mk

Xperia X Compact_F5321_34.1.A.3.49_Singapore_Generic (Android Marshmallow 6.0.1) Decryption Key: !VnPmU3LfBPsPOephnsdRB3xPqhYeiyLf0NOHXKrjpNY

NB:
  • Download semua bahan-bahan di atas di PC.
  • Pastikan baterai Xperia di atas 50% saat melakukan flashing.
  • Flashing aka nmenghapus data-data di Xperia. Disarankan agar mencadangkan data terlebih dahulu.
  • Firmware yang telah di download di pindahkan ke folder C:\Users\Nama_PC_mu\.flashTool\firmwares

Jika teman-teman telah menyiapkan peralatan dan file-file yang diperlukan diatas, maka kita sudah siap untuk beranjak ke tahap eksekusi.

Turorial Flash Sony Xperia X Compact F5321

1. Buka Sony Flashtool yang sudah berhasil diintal tadi. Pada saat membuka pertama kali membuka flashtool, flashtool akan melakukan sinkronisasi dengan github. Jadi, pada saat proses singkronisasi ini pastikan koneksi aktif. Lama atau tidaknya proses singkronisasi tergantung pada kecepatan koneksi internet. Semakin cepat koneksi internet, semakin cepat pula proses singkronisasi. Singkronisasi ini hanya dilakukan sekali saja pada saat pertama kali menginstal flashtool. Jadi, jika besok-besok ingin flash lagi, tidak perlu singkron dan terkoneksi ke internet.

2. Setelah terbuka, klik logo petir yang ada di sudut kiri atas lalu pilih flashmode.

3. Pilih firmware yang telah di download tadi. Jika firmware tidak muncul pada kotak firmware, pastikan teman-teman telah memindahkan firmware ke folder C:\Users\Nama_PC_mu\.flashTool\firmwares. Jika masih belum muncul, pastikan teman-teman telah mensingkronkan flashtool ke internet. Pada opsi kotak wipe sin, disarankan centang saja semua. Opsi yang lain diabaikan saja. Kemudian klik flash.

4. Tunggu sebentar, flashtool sedang mempersiapkan firmware untuk diflash. Jika sudah muncul pop up untuk menghubungkan Xperia ke PC, hubungkan Xperia X Compact ke PC sambil menahan volume bawah. 

5. Jika sudah terhubung, maka led hijau akan menyala dan proses flashing akan berjalan secara otomatis. tunggu saja dan jangan diganggu. 

6. Jika sudah ada tulisan "flash finished" pada log flashtool, berarti flashing sudah selesai. Cabut kabel USB dan Xperia pun akan menyala dengan sendirinya. Jika tidak menyala, silahkan nyalakan secara manual.

Sampai disini kita sudah berhasil melakukan flashing Sony Xperia X Compact F5321. Yang perlu teman-teman pemula ketahui, bagian-bagian yang sulit menurut kami berada pada saat penginstalan driver yang mana penginstalan ini dapat berbeda-beda pada setiap PC. Jika smartphone masih belum terdeteksi, coba instal kembali driver dan jangan malas untuk mencoba menginstal driver manual. Memang dalam penginstalan driver untuk windows 8 dan windows 10 biasanya mengharuskan untuk mendisable driver signature. Tetapi jangan khawatir kami telah memberikan semua tutorial pada link instal flashtool dan driver diatas,

Demikianlah tutorial flashing Sony Xperia X Compact F5321. Jika teman-teman memiliki kendala terkait tutorial diatas. Jangan sungkan untuk mengajak kami berdiskusi di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.