Mengatasi Sinyal Android Putus-putus, Hilang Hingga Solusi Tidak Bisa Berinternet

Handphone mu tiba-tiba tidak bisa internet? Coba cara ini agar bisa berinternet kembali
Jaringan atau sinyal merupakan nyawa dari sebuah ponsel. Tanpa adanya jaringan maka ponsel tidak dapat digunakan untuk menelepon, sms, berselancar di dunia maya dan lain-lain. Kehilangan sinyal pada smarphone merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, di era ini, setiap orang yang tinggal di sekeliling kita hampir tidak pernah lepas dari yang namanya internet. Internet tentunya sangat berguna untuk berkomunikasi antar kerabat, keluarga, dan lain-lain.

Pada postingan ini Xperiaedge akan memberikan tips bagaimana cara memunculkan jaringan atau sinyal pada Smartphone. Tips ini berlaku untuk semua smartphone Xperia, Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, Samsung, dll. Tips ini akan dibagi menjadi beberapa bagian, silahkan disesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing. 



Mengatasi Susah Sinyal, Jaringan Putus-putus dan internet lambat pada Smartphone

Pada kasus ini, smartphone berada dalam kondisi jaringan muncul tapi indikator jaringan mungkin hanya satu atau dua, internet lemot atau jaringan sering putus-putus. Untuk mengatasi masalah ini, simaklah tips berikut!
  1.  Pastikan kamu berada di tempat yang kuat sinyal. 
  2.  Pastikan kamu menggunakan kartu yang memiliki sinyal yang bagus di tempat kamu berada. 
  3.  Jika bar sinyal kamu penuh tetapi internet masih lambat, coba pastikan tidak ada layanan yang menggunakan jaringan. Contohnya: system update, aplikasi yang berjalan di latar belakang, dll. Aplikasi yang berjalan di latar belakang mungkin mendownload data yang besar sehingga mempengaruhi kecepatan internet kamu. 
  4. Coba cek smartphone yang lain atau smartphone temanmu yang menggunakan kartu yang sama ditempat yang sama. Jika smartphone tersebut memiliki kekuatan jaringan yang sama denganmu, bisa dipastikan tempat tersebut bermasalah. Jika beberapa solusi diatas tidak membantu, cobalah bawa smartphone mu ketempat servis atau coba klaim garansi jika masih dibawah garansi. Manatau smartphone yang kamu gunakan memang cacat pabrik.

Mengatasi Jaringan Tidak Tersedia Sama Sekali Pada Smartphone

  1. Pastikan kamu berada ditempat yang memiliki sinyal yang kuat. Tidak tersedianya sinyal bisa disebabkan karena penangkapan sinyal pada smartphone yang lemah. Jadi, pastikan kamu berada ditempat yang memiliki sinyal yang kuat.
  2. Kartu yang bermasalah bisa menyebabkan jaringan tidak tersedia. Beberapa permasalahan pada kartu yaitu, kartu sudah tidak aktif lagi, kartu yang kamu gunakan tidak sesuai dengan kondisi jaringan atau spesifikasi smarphone mu. Kartu yang tidak aktif biasanya terjadi jika kamu tidak mengisi pulsa selama masa aktif. So, isilah pulsa jika masih dalam masa tenggang. Kartu yang tidak sesuai contohnya begini, smarphone dan lokasi mu hanya mendukung jaringan GSM (Telkomsel, XL, Indosat, dll) sedangkan kamu menggunakan smartfren yang berjaringan CDMA. Pastinya jaringan tidak akan muncul. 
  3. Smartphone yang kamu gunakan memiliki frekuensi yang berbeda. Contohnya, jika kamu membeli smartphone di Jepang, frekuensi jaringannya berbeda dengan smarphone yang kamu beli di Indonesia. Di Jepang, mereka menggunakan sistem bundling provider. Misal smartphone Sony Xperia ZR Docomo memiliki frekuensi jaringan yang berbeda dengan Xperia ZR Global. Xperia ZR Docomo memiliki frekuensi jaringan yang diutamakan untuk penggunaan di negara Jepang bukan negara lain, sedangkan global diutamakan untuk penggunaan internasional. 
  4. Baseband yang hilang. Mungkin ini jarang sekali terjadi, tapi ada kasus yang seperti ini. Kasus ini biasa terjadi pada smartphone yang baru di instal ulang atau di flash. Karena ada kesalahan pada saat flashing, terjadilah hal ini. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba flash dengan cara yang benar, gunakan firmware atau rom yang sesuai. Jika kamu tidak ahli dalam masalah ini, bawalah ke tukang servis, biarkan ahlinya yang bekerja.
  5. Jaringan di blokir komenperin. Hal ini mulai berlaku pada akhir 2020 lalu. Jadi, semua smartphone yang tidak resmi, tidak bisa menggunakan jaringan Indonesia. Jika ingin menggunakan jaringan maka harus bayar pajak bea cukai. Untuk detail pembayaran dan prosedur, silahkan pergi ke website bea cukai Indonesia. Ada alternatif lain agar bisa berinternet yaitu "pairing IMEI" pairing IMEI bisa dilakukan di Grapari jika menggunakan telkomsel, atau bisa menggunakan jasa pairing yang beredar. Basanya bertarif 50-200rb. Kekurangannya, pairing IMEI hanya berlaku selama tiga bulan sampai satu tahun. Biasanya smarphone yang diblokir hanya bisa menggunakan jaringan smartfren dan indosat saja. Jika smartphone mu hanya bisa menggunakan kedua atau salah satu kartu tersebut, berarti smartphone mu di blokir. 

Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa Internet. Tapi Jaringan Muncul.

Smartphone dalam kondisi memiliki jaringan, tetapi tidak bisa digunakan untuk internet.
  1. Pastikan smartphone memiliki jaringan dan kuota internet. Pastikan juga kuota internet yang dimiliki sesuai dengan jam berlakunya. Misal paket malam, digunakan pada malam hari dan paket reguler digunakan pada waktu malam. Jika sudah sesuai dengan jam kerjanya, pastikan juga sesuai dengan kondisi jaringan. Misal paket mu 4G pastikan lokasimu juga mendukung jaringan 4G.
  2. Isi APN smartphone mu. Kebanyakan smartphone biasanya sudah terisi APN secara otomatis. Namun ada beberapa smartphone yang tidak mengisi secara otomatis, biasanya smartphone yang di bundling provider, seperti Xperia AU, Docomo, atau Softbank. Untuk mengisi APN pergi ke pengaturan>pengaturan jaringan>paket data>akses poin (APN). Buatlah APN baru, isi dengan nama: internet, APN: internet. Jika menggunakan APN tersebut masih belum bisa berinternet, coba gunakan APN yang sesuai dengan kartu yang kamu gunakan, kamu bisa cek di google. 

So, demikianlah tips-tips yang dapat kami bagikan. Jika teman-teman memiliki kendala lainnya, teman-teman bisa berkomentar pada kolom yang Xperiaedge sediakan dibawah.