Tutorial Flash Instal Ulang Upgrade Downgrade Sony Xperia 1 AU (SOV40) Menggunakan Firmware Global (J8110)

Tutorial ini dilengkapi dengan ilustrasi serta alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan flashing menjadi rom global
Smartphone Xperia 1 merupakan salah satu smartphone yang dikeluarkan Sony pada tahun 2019. Walaupun spesifikasi yang ditawarkan pada masanya sangat gahar, Namun seiring berjalan waktu, tentu ada saja keluhan-keluhan yang dialami oleh penggunanya. Misalnya, smartphone menjadi tidak responsif alias lemot. Hal ini sangat wajar terjadi pada smartphone, karena data-data yang tersimpan atau berjalan di smartphone itu semakin banyak setiap harinya. Berbagai solusi mungkin telah dicoba, seperti menghapus aplikasi, data-data, bahkan reset pabrik. Beberapa solusi tersebut mungkin menyembuhkan beberapa penyakit, namun berbeda dengan smartphone yang di "bundle" operator, seperti Xperia 1 AU (SOV40). 


Xperia 1 AU (SOV40) terikat dengan operator Jepang yakni AU. Keterikatan dengan operator ini menjadi masalah apabila smartphone ini tidak digunakan dengan jaringan operator AU. Banyaknya aplikasi bawaan pabrik yang terkait dengan AU membuat smartphone ini menjadi agak berat untuk penggunaan sehari-hari orang Indonesia. Banyaknya aplikasi bawaan operator AU akan mengurasi kapasitas RAM dan penyimpanan karena aplikasi ini akan selalu berjalan di latar belakang dan tidak bisa dihapus. Walaupun ada cara untuk menghapus aplikasi bawaan ini, namun sangat disayangkan penghapusan itu hanya bersifat mematikan aplikasi dan tidak menghapusnya secara permanen. Satu-satunya cara menghapus aplikasi dan servis yang berjalan di smartpohne terebuat yaitu dengan root smartphone, namun sangat di sayangkan smartphone yang kita bicarakan ini banyak yang berstatus UBL:No alias tidak bisa di unlock bootloader yang berujung tidak bisa di root. Alternatif lain kita bisa mengganti software nya dengan software global  Karena permasalahan ini kami merekomendasikan untuk melakukan flashing atau instal ulang pada Sony Xperia 1 AU menggunakan firmware atau Rom Global. Mengapa menggunakan Firmware Global? Karena firmware global bersih dari bloatware atau aplikasi bawaan Jepang yang tidak ada gunanya bagi pengguna smartpohne ini di luar Jepang.

Apa itu flashing atau instal ulang?

Instal ulang atau yang sangat dikenal dikalangan teknisi dengan nama flashing merupakan sebuah usaha untuk memprogram kembali smartphone yang bermasalah. Mulai dari permaalahan yang dijelaskan diatas, smartphone yang lemot, jaringan hilang, software yang tidak support, menaikkan atau menurunkan versi android dan banyak lagi. 

Apa saja manfaat dari melakukan flashing?

  1. Menaikkan atau menurunkan versi android
  2. Mengganti region software
  3. Menghapus semua data smartphone, membuat smartphone menjadi baru kembali.
  4. Menyembuhkan dari kasus sangkut di logo (bootloop) atau softbrick hingga smartphone hardbrick atau matot. 
Setelah mengetahui konsep flashing diatas, sekarang kita akan mempersiapkan apa-apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk flashing Sony Xperia 1 AU (SOV34) menggunakan firmware atau Rom Xperia 1 

Pra-flash Sony Xperia 1 AU (SOV40) menggunakan Firmware Global (J8110)

Persiapkan alat dan bahan dibawah ini!
1. Siapkan PC, kabel USB Type-C dan pastinya Smartphone Xperia 1 AU dengan baterai diatas 50%
2. Download Flashtool disini. Sebenarnya, kita tidak akan melakukan flashing menggunakan flashtool, Akan tetapi kita membutuhkan driver yang disediakan oleh flashtool untuk melakukan flash. Setelah di download, langsung diinstal flashtool beserta driver nya. 
Untuk cara instal flashtool, ekstrak flashtool yang telah di download. Lalu klik logo flashtool untuk instal. Pilih Next-next saja. 
Kemudian untuk instal driver, Buka lokasi instalasi flashtool di Drive C>Flashtool>Drivers. 


Klik logo flashtool drivers kemudian centang Flashmode drivers, fastboot drivers, dan Xperia 1 Driver. Lalu klik instal. 
Jika teman-teman masih belum paham cara menginstal flashtool ataupun ada permasalahan seperti driver tidak terinstal silahkan cek postingan Xperiaedge sebelumnya di Tutorial Lengkap Instal Flashtool Beserta Driver.
3. Download New Flasher disini. Setelah di download, langsung di ekstrak. 
4, Download Firmware modif Xperia 1 Global (J8110) untuk Xperia 1 AU (SOV40) disini. Setelah di download, ekstrak firmware di dalam folder new flasher yang telah di ekstrak tadi. Maka kurang lebih tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.


Setelah mempersiapkan semua alat dan bahan, maka sekarang kita siap melakukan flashing Xperia 1 AU (SOV40) menggunakan firmware Xperia 1 Global (J8110).

Tutorial Flash Xperia 1 AU (SOV40) Menggunakan Firmware Global Xperia 1 (J8110)

1. Matikan Xperia 1. Setelah benar-benar mati. Tahan volume bawah sambil menghubungkan Xperia ke PC menggunakan kabel USB. JIka berhasil terhubung, maka LED hijau akan menyala. 
2. Buka folder new flasher yang sudah kita ekstrak firware Xperia 1 di dalamnya. Lalu jalankan software new flasher.
3. Jendela Command promt (CMD) akan terbuka. Masukkan perintah 'n" lalu enter. Kemudian masukkan perintah "n' lagi lalu enter. Proses flashing pun akan berjalan. 

 

Tunggu saja proses flashing sekitar kurang lebih 10 menit. Jika sudah sampai pada bari "end, disconnect your device", berarrti proses flashing sudah selesai. Cabut kabel USB, lalu nyalakan Xperia. 

Sampai sini kita sudah berhasil flash Sony Xperia 1 AU (SOV34) menggunakan firmware global Xperia 1 (J8110). Jika teman-teman memiliki kendala pada proses flashing ataupun masih kebingungan dengan tutorial diatas, silahkan tinggalkan komentar pada kolom yang kami sediakan dibawah. 

Jika teman-teman ingin belajar bagaimana cara membuat firmware Xperia Sendiri silahkan ikuti Tutorial Download Firmware FTF di Xperifirm serta Cara Buat atau Bundiling FTF nya.

Jika Xperia 1 teman-teman tidak terdeteksi oleh new flasher nya, coba instal kembali driver dengan meatikan driver signature. Caranya sudah tersedia pada tutorial instal flashtool lengkap pada link diatas. Jika masih belum terdeteksi silahkan coba instal driver manual, untuk tutorialnya silahkan ikuti postingan Tutorial Menginstal Driver Manual Flashtool Xperia

Terima Kasih