Review Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 1 Bekas di tahun 2022, Worth It?

Xperia 1, Smartphone Sony yang banyak beredar dipasaran dengan kondisi bekas. Apakah cocok dipakai di tahun 2022? Simak ulasannya berikut ini

Sony Xperia 1 diluncurkan pada tahun 2019. Muncul dengan desain yang anti-mainstream, membuatnya banyak dipuji oleh banyak orang, terutama fanboy. Layar dengan rasio 21:9 digandeng dengan panel OLED dan resolusi 4k membuatnya dijadikan primadona oleh para pengguna smartphone. Bukan hanya di layar saja, Spesifikasi lain yang ditawarkan pun sangat memenuhi ekspektasi kebanyakan orang, Snapdragon 855 yang menjadi dapur pacu nya sangat mendukung semua kegiatan yang dilakukan di smartphone. Baik dari segi produktivitas, multimedia maupun gaming. 

Setelah dua tahun lebih semenjak dirilis, apakah Xperia 1 masih layak untuk dijadikan smartphone andalah di tahun 2022? Pertanyaan ini, tentunya ada dibenak orang-orang yang ingin meminang smartphone yang bohai ini.

Pada saat artikel ini dibuat, Xperia 1 dibanderol dengan harga 2jt-an saja di marketplace. Tentu saja dalam kondisi bekas pakai.  Dengan harga 2jt-an (ex-japan), kita bisa mendapatkan spesifikasi yang sangat gahar, Snapdrgaon 855, Layar 4k OLED, desain kaca dan tentunya brand nya "SONY". Melihat persaingan pasar dengan pesaingnya seperti Samsung S10 Series, Iphone 11 Series, Xiaomi MI 9, Asus Zenfone 6, Pixel 4 Series, dll. Harga yang ditawarkan Sony Xperia 1 ini sangat lah murah, bahkan hampir tidak wajar. 

Tetapi tenang saja, disini Xperia Edge akan menjabarkan tentang Smarthone Xperia yang satu ini. Apakah masih layak di Beli di tahun 2022 atau tidak. 

REVIEW SONY XPERIA 1 Bekas di Tahun 2022


KELENGKAPAN

Banyak sekali variasi ketika kita membeli Xperia 1 ini. Dimulai dari kondisi kesehatan baterai, shadow nya layar, kemulusan, ketersediann jaringan dan tentu saja kelengkapan pembelian (aksesoris). Pastinya harga berpengaruh pada setiap opsinya.

Jika teman-teman membeli Xperia 1 ini dengan opsi "Fullset" maka teman-teman akan mendapatkan aksesoris yaitu adaptor charger, earphone, usb type-c, kitab-kitab dan dus. Perlu diingat semua aksesoris yang didaptkan ini, semua nya KW, palsu, tidak original atau bukan bawaan pabrik. 

Jika teman-teman memilih opsi shadow, lecet, kesehatan baterai yang tidak normal, ataupun Wifi Only, maka teman-teman akan mendapatkan Xperia 1 dengan  keadaan minus. Tapi tentu saja teman-teman akan mendapatkan harga yang lebih murah.

Kami lebih merekomendasikan membeli, unit normal, mulus, dan batangan (hp saja). Untuk charger, beli saja charger 18w bermerek, harganya kurang lebih dibawah 100rb. Membeli charger ini, lebih baik dari pada harus menggunakan charger yang tidak jelas yang dapat menurunkan kesehatan baterai dan mengkibatkan kerusakan pada komponen lainnya.

KENYAMANAN DALAM GENGGAMAN

Desain Xperia 1 ini sangat unik dan menarik, selain terasa premium ditangan, bentuknya dengan rasio 21:9 seperti bioskop membuat Xperia 1 sangat nyaman digenggam, bahkan bisa dengan mudah di operasikan dengan satu tangan. Akan tetapi, layar seperti ini akan terasa tidak nyaman digunakan dengan satu tangan apabila teman-teman memiliki tangan yang kecil, sehingga agak kesulitan mencapai panel pemberitahuan dengan jari jempol. Mau tidak mau harus menggunakan dua tangan.

FITUR-FITUR

Fitur-fitur pada Xperia ini seperti smartphone flagship pada umumnya. Sensor-sensor seperti sidik jari (disamping), proximity dll pasti ada. Tidak lupa pula (IP68) tahan air dan debu, dan tentunya tidak ada headphone jack dan fitur radio. 

Ketidak tersediaan headphone-jack pada Xperia 1 mungkin akan terasa asing asing bila teman-teman sering menggunakan smartphone midrange. Smartphone flagship saat ini hampir semuanya menghilangkan fitur tersebut demi mengembangkan earphone wireless. 

LAYAR

Layar yang digunakan Xperia 1 sudah sangat bagus diharganya. Layar yang digunakan bertipe OLED HDR dengan ukuran layar 6,5 inci bersesolusi 1644 x 3840 pixels. Layar yang digunakan ini sangatlah memanjakan mata apalagi dipadukan dengan aspek rasio 21:9, diberikan fitur Triluminous Display dan X-Reality Engine  yang membuat semakin nyaman ketika menikmati konten multimedia ataupun bermain game. Selain itu, layar Xperia 1 juga diberikan proteksi Gorilla Glass 6 yang mana jarang sekali kita temukan proteksi yang serupa di smartphone 2jt-an. Gorilla 6 sendiri sangat berguna sekali melindungi dari goresan-goresan ringan di dalam kantong ataupun kejadian yang tidak inginkan seperti retaknya smarphone pada saat terjatuh. 

PERFORMA

Snapdragon 855 yang ditanamkan pada smartphone ini sudah cukup memberi kenyamnan dalam bermain game serta melakukan aktifitas stndar lainnya seperti office dan browsing. 

Dalam hal multitasking, smartphone ini juga dapat diandalkan dengan ram 6gb yang dimilikinya. Hanya saja apabila sedang membuka game berat seperti PUBG akan terasa sedikit lag pada saat multitasking dengan aktivitas browing.

Dari segi penyimpanan, tidak banyak yang bisa diharapkan dengan penyimpanan 64gb. Penyimpanan 64gb tidak akan bertahan lama dengan pemakaian kolektor aplikasi alias mengisi game sebanyak-banyaknya dalam smarphone. Untungnya Xperia 1 menyediakan slot microsd dengan maksimal 512gb. Jadi teman-teman tidak perlu khawatir apabila penyimpanan penuh karena fitur sdcard slot ini sangat membantu. pastikan teman-teman memindahkan data pribadi ke memori eksternal dan data aplikasi di memori internak  

BATERAI

Tidak cukup besar baterai yang ditanamkan Sony pada Xperia 1 ini. Baterai dengan kapasitas 3330 mAh tidak cukup untuk mengantongi semua kegiatan kita orang-orang Indonesia, ketahanan baterainya tidak cukup menemani kegiatan seharian kecuali hanya digunakan sosmed santai saja. Kalau digunakan untuk gaming, baterainya tidak tertolong, harus dicas lebih dari 1 kali dalam sehari. Untungnya dengan pengisian daya power delivery (PD) 18 watt, sedikit membantu agar baterai cepat terisi kembali sehingga kita dapat dengan cepat menggunakannya kembali. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya sekitar 1-2 jam-an. Akan tetapi sangat disyangkan charger 18 watt tidak disertakan dalam box pembelian sehingga kita harus merogoh kocek untuk mendapatkannya. 

KAMERA

Seperti yang kita ketahui, Sony adalah salah satu pencipta kamera-kamera istimewa dengan fitur yang luar biasa. Sangat disayangkan kemampuan-kemampuan kamera-kamera tersebut tidak ditanamkan pada smartphone Sony Xperia 1. Ada beberapa fitur yang ditanamkan, hanya saja, fitur-fitur tersebut menurut kami hanya gimmick marketing Xperia 1. Walaupun demikian, kamera Xperia 1 masih tergolong bagus dihargnya, hasilnya tidak mengecewakan. Apalagi jika penggunanya mampu menggunakan mode manual, maka hasil foto yang disajikan akan istimewa. Untuk fitur otomatis nya, menurut kami cukup untuk menemani keseharian, objek-objek yang difoto terlihat jelas dan natural.

Sony Xperia 1 memiliki tiga kamera dibagian belakang. 12 MP lensa Wide dengan fitur predictive Dual Pixel PDAF dan 5-axis OIS, 12 MP lensa telephoto dengan predictive PDAF 5-axis OIS dan 2x Optical Zoom dan yang terakhiar l2 MP lensa Ultrawide. Lensa-lensa tersebut juga dilengkapi fitur eye-tracking yang akan membuat foto dengan objek manusia menjadi lebih realistis. Selain itu, Sony juga tidak lupa menamkan fitur HDR pada kameranya. 

Dibagian depan, Xperia 1 hanya memiliki 1 kamera wide beresolusi 8 MP tidak lupa juga dengan fitur HDR nya.

Untuk perekaman video, Xperia 1 dapat merekam pada 1080p 60fps hingga 4K 30fps dan perkeman slowmotion hingga 1080fps

Berikut sample foto yang diambil menggunakan Xperia 1.










AUDIO

Xperia 1 dilengkapi dengan fitur stereo yaitu dua speaker yang terletak pada bagian depan atas dan bagian bawah di bezel. Speaker bagian depan menyatu dengan ear-piece atau speaker telepon. Kualitas suara yang dihasilkan tidak mengecewakan dan pastinya menyamai handphone yang sekelasnya. 

KONEKTIVITAS

Xperia 1 memiki fitur Wifi, bluetooth 5.0, NFC, GPS, dan sensor flagship lainnya. Disayangkan pada Seri Xperia ini kita harus kehilangan headphone jack. walau demikian kita masih dapat menggukan earphone berkabel pada USB type-C yang disediakan. Selain itu, Xperia 1 juga memiliki slot micro SD yang tentunya sangat membantu karena Xperia 1 yang beredar dipasaran hanya memiliki penyimpanan 64GB saja. Perlu juga diingat, Xperia 1 yang beredar kebanyakan Japan-set alias AU, Docomo, dan Softbank. Karena Japan-set, Xperia 1 hanya memiliki satu slot simcard. 

BLOATWARE

Bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah terinstal dari bawaan pabrik dan kebanyakan tidak bisa dihapus langsung dari smartphone. Xperia 1 yang kami miliki merupakan versi AU (SOV40) yang mana terdapat bloatware-bloatware yang tidak berguna sama sekali. Tentunya aplikasi-aplikasi ini memakan ram, baterai, penyimpanan dan jaringan yang mengurangi kenyamaan saat menggunakan Xperia. Aplikasi-aplikasi ini tidak terdapat pada versi global. 

Ada tiga cara menghilangkan aplikasi-aplikasi ini yang pertama dengan cara flashing. Flashing disini diartikan sebagai intal ulang, akan tetapi diinstal dengan versi software (firmware) global. Yang kedua dengan cara root Xperia. Root merupakan sebuah cara untuk memodifikasi sistem android. Sayangnya jarang sekali xperia 1 versi AU (SOV40) yang mendapatkan izin untuk meng-unlock bootloader yang membuat smartphone ini tidak bisa di root. Tapi kami lebih nyaman menggunakan cara yang ketiga yaitu debloat aplikasi-aplikasi tersebut dengan PC. Walaupun tidak menghapusnya secara permanen, tetapi cara ini terbukti ampuh untuk mematikan aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk tutorial debloatware teman-teman bisa ikuti postingan ini.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Xperia 1 Bekas

Secara garis besar hanya ada dua hal yang perlu diperhatikan saat membeli Sony Xperia 1 Bekas yaitu Kelengkapan yang diberikan dan Kondisi smartphone. Pastinya kedua hal besar tersebut akan berpengaruh dengan harga.

Kelengkapan

Dilihat dari segi kelengkapannya, hanya ada dua varian yang ditawarkan yaitu batangan dan fullset. Batangan alias HP saja berarti teman-teman membeli Xperia 1 dengan kelengkapan HP saja, tanpa charger, earphone dan dus. Sedangkan jika teman-teman membeli fullset, teman-teman akan mendapatkan HP, charger, earphone, dan dus. Biasanya perbedaan harga antara batangan dan fullset hanya berkisar 100-150rb an. 

Nah, Lebih baik mana, batangan atau fullset? Menurut kami pribadi, Xperia yang beredar di pasaran adalah Xperia Japan-set, jarang sekali Xperia Japan-set diimpor lengkap dengan dus dan charger. Dari beberapa pengalaman yang sudah membeli, kelengkapan aksesoris charger, earphone dan dus adalah KW atau tidak original dari Sony dan kualitasnya pun kaleng-kaleng tidak cocok dipakai jangka lama. Atas dasar hal tersebut, kami lebih merekomendasikan teman-teman membeli Xperia 1 batangan. Selain lebih hemat, teman-teman juga terhindar dari kualitas charger yang kurang bagus. Uang sisanya teman-teman bisa belikan charger dengan spesifikasi Power Delivery 2.0. Charger ini banyak beredar dipasaran. Beberapa brand yang kami rekomendasikan untuk membeli charger delivery yaitu, Aukey, Anker, Acmic dan Ugreen. Jika teman-teman membutuhkan dus agar hp dapat dijual kembali dengan mudah, teman-teman bisa membeli dus di marketplace dengan kisaran hargan 30-150an tergantung kualitas dan aksesoris.



Kondisi

Pastikan teman-teman membeli Xperia 1 dengan kondisi normal bukan minus. Biasanya, di marketplace ada yang menggabungkan unit normal dan minus pada laman penjualan Xperia 1. Ada beberapa opsi kondisi minus yang umum; minus jaringan (wifi only), minus shadow (layar berbayang), green atau pink line (layar bergaris pink atau hijau biasanya vertikal), dan yang terakhir lecet atau dent. Sebisa mungkin teman-teman memilih kondisi yang terbaik. Walaupun harga minusan lebih murah, tapi itu tidak worth it karena ujung-ujungnya bakan susah untuk dipakai, bahkan bisa kebih parah, mungkin opsi lecet-lecet masih ditoleransi karena tidak akan mengganngu saat dipakai kecuali saat dijual kembali.



Baterai

Rata-rata penjual Sony Xperia 1 tidak menyertakan pemilihan kesehatan baterai. Kesehatan baterai memang tidak dapat dipastikan apabila teman-teman membelinya melalui toko online. Cara terbaik untuk mendapatkan bateraai yang sehat adalah dengan memberi pesan melalui catatan pembelian ataupun chat di marketplace.  

Sensor

Sensor adalah hal yang sangat perlu diperhatikan dalam memebeli Xperia 1. Walaupun kedengaran remeh, nyatanya sensor berperan besar dalam meingkatkan kenyamanan pengguna dalam menggunakan smartphone. Ada beberapa sensor yang dimiliki Xperia 1 diantaranya; Accelometer, Barometer, Fingerprint Scanner, Gyroscope, Proximity Sensor, Color Spectrum, Pressure Sensor, dll. Cara paling mudah untuk mengeceknya adalah dengan menggunakan aplikasi sensor box yang bisa diunduh di playstore. Ataupun teman-teman bisa mendial *#*#7378423#*#* pada telepon.

Layar

Minus pada layar yang paling sering terjadi adalah shadow. Yaitu layar berbayang pada Xperia. Shadow ini ada variannya juga; shadow tebal dan shadow tipis. Shadow tipis adalah shadow yang tidak terlau kelihatan atau smar-samar tapi memiliki potensi menjadi shadow tebal yang mana kebalikan dari shadow tipis. Shadow ini biasa terjadi pada smartphone dengan tipe layar OLED. Xperia 1 ini adalah salah satunya yang menggunakan layar OLED. Shadow bisa terjadi karena penggunaan berat terus menerus pada layar. Misalnya, seperti main game pada saat smartphone di cas dengan kecerahan paling terang. 

Selain Shadow, ada juga green line atau pink line. Green line atau Pink line merupakan garis terang yang muncul pada layar. Bentuknya biasanya vertikal memanjang dari atas ke bawah. Green line atau pink line biasanya terjadi karena layar terhimpit, jatuh ataupun bisa muncul dengan sendirinya tanpa sebab yang pasti. 

Kedua minus layar diatas adalah yang paling sering terjadi pada Xperia 1. Untungnya, minus pada layar sangat mudah dilihat karena tampak jelas kecuali shadow tipis. Biasanya minus-minus diatas akan dijelaskan oleh penjual sebelum teman-teman membeli. Akan tetapi, teman-teman harus tetap jeli terhadap layar dengan shadow tipis. Cara paling mudah melihat shadow adalah dengan menampilkan gambar putih pada layar. Jika bayang-bayang terlihat maka dipastikan layarnya shadow.

Jaringan

Mengingat smartphone Sony Xperia 1 bukanlah smartphone yang resmi di Indonesia, maka fungsi jaringan sangat penting untuk diperhatikan. Ketika teman-teman membeli di toko, memang tidak ada yang aneh karena jaringan akan berfungsi. Akan tetapi jangan heran ketika sebulan lebih smartphone digunakan jaringan akan hilang. Hal ini wajar terjadi karena Xperia 1 bukanlah smartphone yang resmi di Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, pastikan teman-teman meminta garansi IMEI pada toko dan jangan lupa juga minta notanya dengan tulisan garansi jaringan seumur hidup agar lebih menjamin. Jika teman-teman yang menggunakan Xperia 1 dan tidak terblokir jaringannya, maka teman-teman adalah orang yang beruntung. Pemblokiran jaringan ini bukan hanya berlaku pada Sony Xperia 1 tetapi juga berlaku pada semua smartphone yang tidak resmi yang beredar di Indonesia.

Bloatware

Seperti yang kami sebutkan diatas, banyak aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak berguna. Kalau bisa teman-teman ajukan permintaan untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan tersebut dengan cara flash firmware/rom global ataupun dengan cara debloatware. Jika toko tidak menyediakan layanan ini, silahkan ikuti cara yang kami sarankan disini.

Kondisi-kondisi yang disebutkan diatas adalah kondisi yang sering kali terabaikan dalam membeli Xperia 1. Adapun hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah fungsi konektivitas seperti bluetooth, wifi, dan NFC. Selain itu, teman-teman juga perlu perhatikan kamera, speaker, dan tombol-tombol.

Mana Lebih Baik Membeli Xperia 1 Offline atau Online?

Kedua hal tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika teman-teman membeli offline, teman-teman bisa langsung melihat dan mengecek bagimana kondisi Xperia 1. Bukan hanya itu teman-teman juga bisa dengan terang-terangan meminta tulisan garansi IMEi atau jaringan seumur hidup pada nota pembelian, klaim garansi juga lebih mudah, dan ada juga beberapa toko yang menjual lebih murah di toko offline daripada online karena menjual online dikenakan biaya admin marketplace oleh karena itu penjual menaikkan harga di toko online. Nah, jika teman-teman membeli di toko online, teman-teman tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk menuju toko dan teman-teman juga bisa menggunakan voucher cashback pada saat membeli. Ada juga beberapa toko yang menjual Xperia 1 dengan harga yang sama di toko offline dan toko online. Akan tetapi jika teman-teman mendapat kondisi yang tidak sesuai deskripsi pada pembelian di toko online, proses pengembalian/penukaran barang akan ribet dan memakan waktu.

Jadi mana lebih baik? Menurut kami pilihlah toko yang memiliki toko offline dan online dengan harga yang sama, biasanya toko yang seperti ini adalah toko besar yang ternama.  Pergilah teman-teman ke toko offline nya, cek langsung Xperia 1. Jika sudah cocok, bukalah toko online milik toko dimana teman-teman membeli Xperia 1, jangan lupa pakai voucher dan pilihlah pengiriman ambil "ditempat." Jika opsi ambil ditempat tidak tersedia, ataupun tidak bisa karena beradu dengan voucher cashback yang digunakan, pilihlah pengiriman dengan Go-send atau Grab lalu buatkan alamat didepan toko agar mudah dan murah. Selain mudah dan murah, teman-teman pun akan mendapatkan unit yang sempurna tidak lupa dengan cashbacknya. Jika teman-teman tidak bisa membuat alamat di depan toko, buat saja di rumah sendiri, lumyan kan cashbacknya lebih dari 100rb-an. Lumayan untuk membeli charger yang bagus.

Kesimpulan

Sony Xperia 1 worth it digunakan pada tahun 2022 dengan beberapa catatan. Pastikan unit Xperia 1 memiliki garansi jaringan/imei seumur hidup, tidak digunakan untuk pemakaian berat seperti bermain game terus menerus ataupun panas-panasan dijalan sebagai driver ojek online dengan kondisi GPS dan layar menyala secara terus-menerus. Sony Xperia 1 ini sangat cocok digunakan untuk penggunaan casual atau santai seperti sosmed-an, multimedia, photography, dll.