Sekali Klik! Flash Xperia XZ3 AU SOV39 ke ROM Global H8416

Tutorial Flash XZ3 AU ke Rom global, sekali klik. Lengkap dengan file dan ilustrasi sehingga memudahkan dalam proses flashing.

Mungkin kemarin teman-teman sudah pernah melihat berbagai cara untuk flash Sony Xperia XZ3 AU SOV39 ke ROM Global H8416. Cara yang paling banyak dipopulerkan adalah cara flash XZ3 dengan flashtool. Memang nggak ada yang salah flashing menggunakan flashtool. Flashtool diperuntukkan untuk flash Xperia degan berbagai macam opsi dan fitur. Teman-teman harus mengusai fungsi-fungsi nya sebelum melakukan flashing. Jika tidak, kemungkinan gagal flashing akan terjadi. Pada dasarnya semua flashtool begitu. 

Disini kita juga akan flash XZ3 AU ke ROM Global menggunakan flashtool. Tapi, flashtool yang akan kita gunakan ini berbeda. Flashtool ini bernama New-flasher. New-flasher sendiri baru-baru populer semenjak diluncurkan nya Xperia XZ Premium dan sampai saat ini terus dikembangkan. Sampai saat ini new-flasher sudah mensupport xperia terbaru. 

Mengapa flash Xperia XZ3 AU SOV39 ke Rom global menggunakan new-flasher? Karena, menurut kami sendiri, flashing menggunakan new flasher itu lebih simpel, tidak perlu banyak file yang di download, tidak perlu buka banyak software dan kita bisa flash Xperia dengan sekali klik saja. 

Pada postingan ini, kami akan memberikan file flashing XZ3 AU SOV39 ke ROM Global beserta new-flasher dan file driver yang sudah digabungkan. Jadi, tugas teman-teman disini hanya perlu menghubungkan Xperia XZ3 AU ke PC dengan benar dan menjalankan software new-flasher. 

Sebelum melakukan flashing, pastikan Xperia yang akan di-flash Sony Xperia XZ3 AU SOV39 dan masih dengan ROM bawaan atau ROM AU Japan. Jika Xperia XZ3 AU teman-teman berada pada ROM Global, maka file dan tutorial ini tidak bisa diterapkan. Tutorial ini hanya khusus flash XZ3 AU ke ROM Global. Teman-teman bisa cek Tutorial Download Firmware FTF di Xperifirm serta Cara Buat atau Bundiling FTF nya Jika teman-teman ingin flash kembali ke STOCK ROM AU nya. Disitu juga dijelaskan bagaimana cara kami membuat firmware yang akan bagikan untuk flash Xperia XZ3 SOV39 ke Global H8416.

Pra-flash Xperia XZ3 AU SOV39 ke XZ3 Global

Berikut adalah alat dan bahan yang teman-teman perlukan

  1. PC. Bisa pakai laptop atau komputer. Usahakan sistem operasinya Windows agar tidak ribet nantinya. Bebas mau windows berapa saja.
  2. USB-C. Gunakan USB-C yang bagus, yang bisa transfer saja. Jangan gunakan USB Powerbank atau kabel alat-alat lainnya yang kebanyakan tidak support transfer data.
  3. Download file flash Xperia XZ3 AU SOV39 ke ROM Global. Password: "xperiaedge.com" tanpa tanda petik.
Disini file sudah lengkap. Termasuk driver, software new-flasher dan firmware (ROM) Xperia XZ3 didalmnya.

Tutorial Flash XZ3 AU SOV39 ke XZ3 Global H8416 

Setelah mempersiapkan alat tempur diatas, ikuti langkah-langkah flashing berikut.

  1. Ekstrak file flash yang telah di download. 
  2. Di dalam file flash terdapat file "Driver Xperia" Instal dua driver saja "flashmode driver" dan "fastboot driver"
  3. Instal juga driver XZ3 dengan extensi *inf. Cara instal nya teman-teman bisa ikuti Tutorial Menginstal Driver Manual Flashtool Xperia
  4. Setalah driver berhasil diinstal, hubungkan Xperia ke PC menggunakan kabel USB sambil menahan volume bawah. LED hijau akan menyala jika berhasil terhubung. Jika LED hijau tidak menyala, berarti Xperia tidak berhasil terhubung. Coba cek lagi kabel dan driver yang diinstal. Jika sudah coba instal ulang driver, tetap tidak berhasil. Coba cek postingan Tutorial Lengkap Instal Sony Flashtool windows 7, windows 8, windows 10, dan Linux Ubuntu. Fokus pada instalasi driver saja dan tidak perlu instal flashtool. 
  5. Sampai sini, teman-teman sudah berhasil menghubungkan firmware Xperia. Selanjutnya, buka folder "Firmware XZ3 AU to Global" jalankan file "new flasher." Jendela CMD akan terbuka. Masukkan perintah "n" lalu enter. Kemudian "n" lalu enter lagi. Proses flashing akan berjalan. Tunggu sekitar 10-15 menit. 


Jika sudah selesai, cabut kabel USB lalu nyalakan Xperia (jika tidak menyala otomatis). Sampai sini, teman-teman sudah berhasil flash Xperia XZ3 AU dengan firmware global. Jika teman-teman tidak berhasil mengeksekusi tutorial diatas, coba pastekan saja log pada new-flasher di kolom komentar dibawah.