Tutorial Flash Sony Xperia XZ2 AU (SOV37) dan Softbank (702SO) ke Rom Global XZ2 H216

Tutorial Flash Xperia XZ2 AU dan Softbank menggunakan ROM Global dilengkapi dengan file dan ilustrasi
Xperia XZ2 adalah salah satu smartphone yang dirilis Sony pada 2018 lalu. Mengusung desain unik seperti bantal, smatphone in sangat nyaman untuk digenggam walaupun bagi sebagian orang bentuk nya ini agak nyeleneh. 

Sekitaran 2015 lalu, limbah elektronik Jepang berjibun masuk ke Indonesia. Tidak terkecuali Smartphone Sony Xperia. Xperia XZ2 versi Jepang sendiri masuk ke Indonesia di awal 2019 dengan kondisi seken. Dilihat dari harganya smartphone ini sangat layak untuk dibeli. Selain harganya yang murah, fitur dan build quality yang ditawarkanpun sangat bagus. Tapi sangat disayangkan banyak bloatware aplikasi-aplikasi  Operator Jepang yang tidak berguna masih tertanam di handphone tersebut.

Aplikasi-aplikasi Jepang ini sebenarnya berguna kalau hp nya dipake di Jepang dengan operator Jepang yang nge-bundle hp tersebut. Lebih jelasnya begini, Hampir semua hp yang dirilis di Jepang di bundle dengan operator jaringan. Contoh operator jaringan di Indonesia itu seperti Telkomsel, XL, smartfren dll dan contoh hp yang dibundle di Indonesia itu seperti hp yang dirilis oleh smartfren. Kita ngaak bisa dengan leluasa menggunakan hp smartfren dengan kartu telkomsel. Kalau pun bisa itu hanya bisa di SIM ke-2 saja. Dan agar bisa menggunakan kedua SIM dengan kartu telkomsel, kita harus meng-unlock atau memodifikasi sistem software dari hp smartfren tersebut.  Nah, kalau di Jepang itu operator yang populernya ada Docomo, AU, dan Softbank. Makanya nggak heran kalau hp Sony Xperia yang masuk ke Indonesia itu hampir semua ada embel-embel Docomo, AU atau softbank baik pada hp-nya atau pun pada software nya. Kalau kalian mau tau lebih lanjut tentang Domoco, Softbank, dan AU ini, kalian bisa cek postingan Apa itu Docomo? Mengenal Lebih Dalam Smartphone Docomo, au, dan Softbank  Disini aku udah ulas panjang lebar dunia peroperatoran Jepang. Intinya, smarphone Jepang yang kita beli sudah di-unlock dan kita bisa menggunakan kartu SIM operator Indonesia di hp tersebut.

Aplikasi-aplikasi Jepang yang terinstal bisa dihapus dengan cara debloatware. Kekurangan debloatware ini, ia masih menyisakan bau-bau Jepang di HP tesebut dan software update tidak semaksimal Global. Bahkan versi Docomo tidak bisa update OTA (update melalui HP) melainkan harus di flash apabila ingin di update.


Tutorial ini sudah berhasil diterapkan pada Xperia XZ2 AU dan Softbank. Untuk DOCOMO juga bisa kalau UBL YES. Untuk Xperia XZ2 AU dan Softbank UBL NO atau UBL YES tidak masalah, tetap bisa di flash menggunakan metode ini. 

Apa Kelebihan dan Kekurangan Flash ROM Global Pada Sony Xperia XZ2 AU dan Softbank? 

  •  Internal dan RAM lebih lega
  • Tidak ada aplikasi Jepang
  • Lebih smooth
Kalu untuk kekurangannya, NFC tidak bisa digunakan lagi. Ini berlaku untuk semua Xperia Jepang yang di flash ROM global. Jadi, bukan hanya pada Xperia XZ2 AU dan Softbank saja. Jika kalian mendengar Xperia XZ2 jadi jelek jaringaanya kalau di flash dengan ROM Global, Abaikan saja, karena itu hanya kabar angin, karena kami sudah mencoba tidak ada masalah pada sinyal jika diflash dengan ROM Global. 

Alat dan Bahan yang Diperlukan untuk Flash Xperia XZ2 AU dan Softbank ke ROM Global.

  1. PC. Kalian bisa pake Laptop atau komputer dengan OS Windows 7 atau yang lebih baru.
  2. USB-C. USB-C yang akan kalian pakai pastikan dalam kondisi yang bagus.
  3. Flashtool. Download flashtool disini, Setelah download, langsung diinstal saja seperti instal software biasa dan jangan lupa juga menginstal dirver flashmode dan fastboot. Kalau kalian belum bisa menginstal nya. Cek Tutorial Lengkap Instal Sony Flashtool windows 7, windows 8, windows 10, dan Linux Ubuntu
  4. New Flasher download disini. Setelah di download, langsung di ekstrak saja.
  5. Driver Xperia XZ2 download disini.
  6. Xperifirm, download disini. Software ini gunanya untuk mendownload firmware mentah Xperia. Dengan Xperifirm, kalian bisa download firmware XZ2 yang mana aja yang kalian mau, mau yang terbaru atau yang terlama pun bisa. Intinya kalian download firmware XZ2 dengan codename akari dengan model H216. Bebas mau download yang mana. Kalau kalian belum tau cara download firmware di Xperifirm silahkan cek Tutorial Download Firmware FTF di Xperifirm serta Cara Buat atau Bundiling FTF nya. Pastikan kalian download firmware XZ2 H216 kemudian kalian bundling ke SOV37 kalau XZ2 kalian versi AU dan 702SO kalau XZ2 kalian Softbank. 
Itulah alat dan bahan yang perlu kalian persiapkan. Disini kita akn flash menggunakan software bernama New-Flasher bukan menggunakan flashtool. Kenapa perlu instal flashtool lagi? karena kita membutuhkan driver yang berada pada saat instalasi flashtool dan kita perlu fitur bundling yang disediakan flashtool. 

Tutorial Flash Xperia XZ2 AU dan Softbank dengan ROM Global (H216)

Disini kami menganggap kalian sudah menyiapkan semua alat dan file-file diatas. Kemudian Ikuti langkah-langkah dibawah ini. Jagan sampai ada yang terlewat.

!.  Ekstrak file firmware (*ftf) yang telah kalian bundling lalu buka foldernya. Hapus semua file dengan ekstensi *ta di dalam folder. Ingat, semua file dengan ekstensi *ta. Kalau nggak di hapus, bisa bermasalah pada jaringan.


2. Setelah menghapus semua file TA, pindahkan semua file yang berada di dalam folder firmware ke dalam folder new-flasher. Jadi, disini kita menggabungkan kedua folder menjadi satu. 

3. Matikan Xperia XZ2. KEmuadian Hubungkan XZ2 kalian ke PC menggunakan USB-C sambil menahan volume bawah. Jika LED hijau menyala, Xperia sudah siap untuk di flash. Jika tidak menyala ataupun hp nya malah ngecas, berarti drvier belum terinstal dengan benar.

4, Jalankan software New-flasher. Jendela CMD akan terbuka. Masukkan perintah "n" lalu tekan enter. Masukkan "n" dan enter lagi. Flashing akan berjalan tunggu sekitar 10-15 menit. 



5. Jika tampilan new-flasher sudah sudah seperti dibawah ini, Cabut USB lalu nyalakan Xperia. Sampai sini, flash sudah berhasil.

Jadi, begitulah tutorial flashing Sony Xperia XZ2 AU (SOV37) dan Xperia XZ2 Softbank (702SO) ke ROM Global. Jika kalian punya pertanyaan, saran, atau mau lapor link rusak. Bisa berikan komentar dibawah.