Tutorial Flash Instal Ulang Xperia 5 AU (SOV41) dan Softbank (901SO) Menggunakan FIrmware Global (J8210)

Tutorial Flash Xperia 5 AU dan Softbank dengan ROm Global disertai ilustrasi dan bahan sehingga mudah diikuti bahkan bagi pemula sekalipun

Seiring berjalan waktu, banyak smartphone flagship bekas pemakaian luar negeri berdatangan ke Indonesia. Salah satunya adalah Sony Xperia 5 Au dan Xperia 5 Sofrbank. Smartphone ini masuk ke Indonesia dengan harga yang sangat murah apabila dibandingkan dengan pesaingnya. Masyarakat milenial pun berbondong-bondong memburu smartphone mungil nan gahar yang satu ini. 

Dibalik spefisikasinya yang gahar dan harganya yang merakyat, smartphone ini merupakan salah satu smartphone bekas yang di bundle operator Jepang. Yakni, Au, Softbank dan Docomo. Sebenarnya, tidak ada masalah dengan bundle operator. Hanya saja, smartphone dengan bundle operator memiliki banyak aplikasi yang tidak berguna apabila tidak digunakan dengan jaringannya. Kesalnya lagi, aplikasi-aplikasi ini berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan dilatar belakang dapat menguras baterai, ram, penyimpanan dan bahkan dapat memicu panasnya smartphone karena aplikasi akan terus menerus mencari jaringan. 





Permasalahan diatas adalah salah satu penyebab mengapa kita melakukan flashing pada Sony Xperia 5 AU dan Softbank. Disini kita akan flash menggunakan firmware global. Dengan menggunakan firmware global, maka Xperia tidak lagi memiliki aplikasi-aplikasi yang tidak berguna pada versi Jepangnya. Sebenarnya, bukan itu saja hal yang mengharuskan kita untuk melakukan flashing.Smartphone lemot, Softbrick (bootloop/sangkut di logo), bahkan hardbrick (matot) juga bisa disembuhkan dengan melakukan flashing.  

Perlu diketahui, pada tutorial kali ini kita akan flash Xperia 5 AU (SOV41) atau Softbank (901SO) ke region global menggunakan Software yang beranama New Flasher. Flashtool, software yang biasa digunakan untuk flashing Xperia tidak digunakan disini. Tapi kita tetap akan mendownload dan menginstalnya untuk mendapatkan driver yang berada di dalamnya. 

Perlu diketahui juga dengan flash Xperia 5 Softbank (901SO) atau AU (SOV41) ke firmware Global akan menghapus Semua data di Xperia dan membuat NFC tidak bisa digunakan. So, apabila ada data-data yang penting, harap di backup terlebih dahulu demi minghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pra-flash Sony Xperia 5 AU dan Xperia 5 Softbank menggunakan Firmware Global

Siapkan peralatan dan bahan yang diperlukan dibawah ini!
1. Siapkan PC, kabel USB Type-C
2. Pastikan baterai Sony Xperia 5 diatas 50%
3. Download Flashtool disiniSetelah di download, langsung diinstal flashtool dan driver nya. 
Caranya, ekstrak flashtool. Kemudian klik logo flashtool untuk instal. Pilih Next Next saja. 
Kemudian untuk instal driver, Buka lokasi instalasi flashtool di Drive C>Flashtool>Drivers. 


Klik logo flashtool drivers kemudian centang Flashmode drivers, fastboot drivers, dan Xperia 5 Driver. Lalu klik instal. Jika driver tidak terinstal, coba "disable driver signature' cara nya ada di postingan Tutorial Lengkap Instal Flashtool Beserta Driver.
3. Download Firmware Global Xperia 5 AU + New Flasher disini atau Xperia 5 Softbank + New Flasher disini. File ini berisi firmware Global yang telah dimodif agar bisa di flash pada Xperia 5 Au dan Softbank. File ini tidak bisa digunakan untuk flash Xperia lain. 
Setelah firmware di download langsung diekstrak. Password: xperiaedge.com

Jika teman-teman ingin belajar membuat firmware Xperia sendiri, teman-teman bisa cek postingan Tutorial Download Firmware FTF di Xperifirm serta Cara Buat atau Bundiling FTF nya.

Setelah mempersiapkan semua alat dan bahan, maka sekarang kita siap melakukan flashing Xperia 1 AU (SOV40) menggunakan firmware Xperia 1 Global (J8110).

Tutorial Flash Xperia 5 AU dan Xperia 5 Softbank Menggunakan Firmware Global Xperia 5

1. Matikan Xperia 5. Kemudian tahan volume bawah sambil mencolokkan Xperia ke PC menggunakan kabel USB type C. JIka berhasil terhubung, maka LED hijau akan menyala. Jika tidak berhasil terhubung, berarti driver tidak berhasil terinstal. Silahkan ulangi kembali pada tahap instalasi driver.
2. Buka folder firmware yang telah diekstrak tadi. lalu jalankan software newflasher
3. Jendela Command promt (CMD) akan terbuka. Masukkan perintah 'n" lalu enter. Kemudian masukkan perintah "n' lagi lalu enter. Proses flashing pun akan berjalan. 

 

Tunggu proses flashing sekitar kurang lebih 10 sampai 15 menit. Jika sudah sampai pada baris "end, disconnect your device", berarrti proses flashing sudah selesai. Cabut kabel USB, lalu nyalakan Xperia 5.

Sampai sini kita sudah berhasil flash Sony Xperia 5 AU atau Xperia 5 Softbank menggunakan firmware global Xperia 5 (J8210). Jika teman-teman merasa tutorial diatas masih belum jelas ataupun ada kendala saat flashing, silahkan berkomentar pada kolom yang kami sediakan dibawah.


Terima Kasih